Tiga Candi Penguasa di Prambanan

candi-prambanan-yogyakartaBuat kamu yang punya agenda liburan ke Yogyakarta kami punya tempat mengejutkan. Tempat  yang sudah banyak di kunjungi oleh wisatawan, tapi jarang yang tau keunikan yang terdapat di tempat wisata tersebut. Coba tebak nama tempat wisata itu ??? Pantai Parangtritis? Bukan, Goa pindul? Bisa jadi, eeehhh bukan juga lho… Prambanan. Yaps kali ini kami mau bahas keunikan yang terdapat di Candi Prambanan.

Sudah banyak wisatawan yang mengunjungi Candi Prambanan yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia yang spektakuler. Dengan struktur bangunan yang bercorak Hindu merupakan tempat yang di sucikan oleh masyrakat Hindu di seluruh Dunia. Dengan keindahan struktur bangunannya menjadi magnet tersendiri untuk wisatawan dunia maupun wisatawan lokal.

Struktur bangunan Candi Prambanan yang terdapat dewa-dewa yang di Agungkan oleh umat Agama Hindu membuat daya tarik tersendiri untuk umat lain untuk mengetahui sosok yang menggambarkan Dewa umat Hindu. Terdapat tiga Candi Dewa yang terdapat di Candi Prambanan di antaranya Candi Dewa Siwa, Candi Dewa Brahmana dan Candi Dewa Wisnu. Ketiga Dewa tersebut merupakan Dewa yang di Agungkan oleh Umat Hindu.

Candi Dewa Siwa adalah salah satu candi terbesar yang tedapat di perkomplekan Candi Prambanan. Menurut kepercayaan Umat Hindu Dewa Siwa merupakan dewa yang sangat di muliakan dan memiliki kedudukan tertinggi dari dewa lainnya. Candi Siwa memiliki ukuran mencapai 17 x 17 m dengan ketinggian mencapai 47 m. Dalam Candi Siwa terdapat lima ruangan satu ruangan di setiap arah mata angin dan satu garbagriha (ruang yang di sucikan) ruangan ini terdapat tengah-tengah candi. Di dalam candi Dewa Siwa ini di yakini terdapat arca Putri Roro Jonggrang yang menurut legenda adalah seorang Putri dari Raja Boko yang di sihir oleh Bandung Bondowoso menjadi arca. Terdapat juga arca Resi Agastya dan Ganesha yang merupakan putre Dewa Siwa. Arca Dewa Siwa mencapai ketinggian 3 meter dalam ruangan tersebut.

Candi Dewa Brahmana terletak di sebelah selatan Candi  Dewa Siwa yang masih termasuk dalam perkomplekan Candi Prambanan. Ukuran Candi Dewa Brahmana lebih kecil bila di bandingkan dengan Candi Dewa Siwa. Tinggi Candi Dewa Brahmana hanya mencapai 30 m dengan lebar yang mencapai 20 m. Namun dengan ukuran yang lumayan luas, dengan satu ruangan Candi Dewa Brahmana terdapat banyak ukiran-ukiran yang terdapat di dinding-dinding Candi Dewa Brahmana. Selain terdapat ukiran yang sangat indah terdapat arca Sang Dewa Brahmana dengan tinggi 3 m. Menurut keyakinan umat Hindu Dewa Brahmana merupakan Dewa Pencipta yang memiliki kedudukan yang Agung untuk Umat Hindu.

Candi Dewa Wisnu terdapat di utara dari Candi ewa Siwa masih di komplek Candi Prambanan. Karena Candi Dewa Wisnu bukan yang terbesar candi ini memiliki ukuran yang sama dengan Candi Dewa Brahmana. Selain ukuran yang sama, hanya terdapat satu ruangan saja yang terdapat di dalam Candi Dewa Wisnu. Terdapat relief atau ukiran yang menceritakan kisah reinkarnasi Dewa Wisnu ke dalam wujud lain dalam ruangan tersebut. Cerita tersebuta sangat terkenal dan di percayai Umat Hindu Dunia. Arca yang terdapat dalam ruangan Candi Dewa Wisnu adalah arca dari Dewa Wisnu yang merupakan Dewa Pemelihara. Yang memiliki kedudukan yang penting untuk Umat Hindu Dunia.

Nah gimana sekarang kamu tau kan keunikan yang terdapat di Candi Prambanan? Selain strukturnya yang indah kamu sekarang jadi tau di mana letak arca Putri Roro Jonggrang kan? Kalau kamu ke Yogyakarta jangan lupa mampir juga ke Goa pindul. Selain wisata air yang asyik kamu juga bakal tau kisah unik yang ada di Goa Pindul.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s